Contoh tidak biasa menggunakan bot WhatsApp

Untuk memerangi COVID-19, mencari orang hilang dan ekspedisi hiking

Bot di messenger bukanlah hal baru dan tidak ada yang terkejut olehnya. Dalam sifat bisnis kami, kami menemukan permintaan untuk membuat bot atau membuat bot melalui pembuat kami. Beberapa kasus sangat mengesankan kami dan kami ingin membagikannya. Mungkin contoh bot obrolan ini akan membantu Anda menemukan inspirasi untuk implementasi dalam proyek mereka dan berfungsi sebagai titik awal untuk pengembangan lebih lanjut.

Bot obrolan dan telekonsultasi di Spanyol dalam perang melawan COVID-19

COVID-19 telah benar-benar mengubah dunia dan memaksa memikirkan kembali banyak proses yang sudah dikenal. Salah satu negara yang paling banyak terkena virus adalah Spanyol. Ingatkah pada awal pandemi, kami mendapatkan laporan berita yang mengkhawatirkan tentang seberapa cepat virus menyebar di negara Eropa yang hangat ini?

Dalam konteks ini, Rumah Sakit de Poniente (El Ejido, Almeria, Spanyol), melaksanakan proyek untuk mengurangi jumlah kasus infeksi di kalangan dokter melalui pendekatan modern untuk telekonsultasi dan bot WA.

Itu adalah proyek yang luas dan kompleks, dan itu dijelaskan secara rinci dalam artikel ilmiah ini. Sangat menarik untuk melihat bagaimana transisi ke telekonsultasi diterapkan di Rumah Sakit Spanyol.

Dengan demikian, seluruh pengunjung rumah sakit itu terbagi menjadi pasien penyakit pernafasan dan lainnya. Penderita COVID-19 diantar ke ruangan khusus kosong, di mana pasien dapat berbicara di monitor kepada dokter, yang melakukan wawancara, mengumpulkan keluhan, dan menjelaskan cara mengukur tekanan darah dan suhu menggunakan alat medis yang ada di dalam ruangan. Dokter kemudian akan mengisi anamnesis dan mengirimkan kartu pasien melalui printer, yang dapat digunakan untuk perawatan lebih lanjut. Pasien akan meninggalkan kantor dan staf rumah sakit akan segera mendisinfeksi ruangan.

Elemen penting dari sistem baru ini adalah bot WhatsApp rumah sakit. Dengan menggunakan bot, dokter menerima pemberitahuan push tentang hasil tes, seperti konfirmasi COVID-19, status pasien, dan dapat meminta informasi berkala tentang jadwal shift kolega dan ketersediaan ruang prosedur tertentu.

Di sisi lain, pasien juga menerima jawaban atas pertanyaan populer melalui bot chat, memungkinkan mereka untuk tidak kehilangan kontak dengan rumah sakit. Pendekatan ini meringankan beban staf medis, mengurangi jumlah kontak berisiko dengan dokter, mempercepat pertukaran informasi, dan menjalin komunikasi baik di dalam rumah sakit maupun dengan pasien.

Faktanya, ada banyak hal yang harus dipelajari di sini; Selama periode pandemi, setiap dokter dan anggota staf rumah sakit menjadi emas, jadi pindah ke konsultasi tubuh, sebagai praktik umum, bisa menjadi langkah yang sangat baik.

Mengoptimalkan arus informasi yang masuk saat mencari orang hilang

Anda mungkin pernah melihat pemberitahuan orang hilang di tiang, halte bus, dan di depan jalan masuk. Tampaknya hampir tidak mungkin bahwa di kota-kota besar, di mana terdapat banyak cara pengawasan dan orang lain, seseorang bisa saja mengangkat dan menghilang. Tetapi statistiknya agak mengecewakan, dengan sekitar 300.000 hingga 600.000 orang hilang setiap tahun di Rusia, menurut berbagai sumber. LSM Search for Missing Children di Rusia sedang mencari orang hilang.

Ada aturan yang menurutnya semakin cepat informasi tentang orang hilang sampai ke penegak hukum atau organisasi publik, semakin besar peluang untuk menemukan orang tersebut. Itulah mengapa mereka kesulitan mengoptimalkan aliran pesan masuk. Di sini kita tidak berbicara tentang bot, melainkan tentang membuat saluran yang akan mengumpulkan semua informasi yang masuk di satu tempat. Dalam hal ini, mereka mengintegrasikan Helpdesk dengan WhatsApp.

Ini memungkinkan mereka untuk memproses informasi dari saksi, relawan, dan mengkoordinasikan tindakan mereka lebih cepat. Lebih mudah bagi orang untuk berhenti berlangganan melalui messenger, mengirim foto atau video di mana orang hilang ditemukan daripada menelepon atau menulis ke situs web, yang meningkatkan jumlah informasi yang diterima dan, tentu saja, membantu penyebab keseluruhan

Greenpeace bot Anastasia di Turki

Divisi doga Istanbul dari Geopreasse di Turki memiliki versi bot yang menarik: ini adalah organisasi publik kecil dengan garis depan pekerjaan yang besar. Mereka melakukan trekking, hiking, backpacking, membuka rute baru, dan mengkoordinasikan pergerakan relawan. Karena tidak banyak staf, dan aliran permintaan dari pendaki serta pertanyaan dari mereka yang tertarik mulai meningkat, mereka memutuskan untuk membuat bot untuk membantu mereka berkomunikasi dengan orang-orang.

Bot itu bernama Anastasia. Anastasia menjawab semua pertanyaan yang masuk, menggunakan basis pengetahuan yang sudah terbangun, dan juga dapat mengarahkan seseorang ke salah satu kelompok kepentingan yang dimoderatori oleh relawan. Ini memungkinkan pendatang baru untuk segera bergabung dengan sekelompok orang yang berpikiran sama dan mendapatkan semua informasi yang mereka butuhkan. Selain itu, Anastasia mengirimkan ucapan selamat ulang tahun, menyampaikan informasi menarik dan secara umum menawan dalam komunikasinya.

Tetap saja, kami tidak bisa tidak bertanya, tetapi mengapa Anastasia? Ternyata karena nostalgia tapi tidak ada tempat untuk kisah cinta yang menyedihkan, hanya pencipta proyek pada tahun 1998 yang mendirikan channel IRC-nya di jaringan Undernet. Bot eggdrop yang memoderasi saluran disebut Anastasia, oleh karena itu nama bot untuk WhatsApp.

Intinya

Kami merasa menarik untuk membagikan cerita seperti itu untuk menunjukkan bagaimana kami dapat menggunakan bot obrolan. Di masa mendatang, jika topik ini menarik bagi Anda, kami akan mengumpulkan contoh dan menceritakan tentang kasus aneh lainnya. Dan jika Anda ingin membuat bot sendiri, Anda dapat menemukan pembuat chatbot di Chat API, yang gratis untuk pengembang.

Jangan ragu untuk menjangkau dan berbagi pengalaman Anda atau mengajukan pertanyaan.

Dapatkan demo gratis

Rekomendasi

Lihat bagaimana chatbot bekerja di API kami sekarang

Send a message to +54 9 11 3633-1413 through WhatsApp and test the our API.

Layanan gateway WhatsApp API kami untuk mengirim dan menerima pesan, pemberitahuan, penjadwal, pengingat, pesan grup, pelacakan, dan chatbots dengan integrasi sederhana untuk bisnis Anda

Questions and wishes: nik@chat-api.com
To top